Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Uji Coba Roket "Pintar" Anti-kapal Perang

Kompas.com - 15/06/2015, 14:54 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara melakukan uji coba perangkat baru roket-roket anti-kapal perang yang dikabarkan mampu menghantam sasaran sejauh 120 kilometer.

Uji coba ini dilakukan beberapa pekan setelah negeri itu mengklaim sukses melakukan peluncuran misil balistik dari sebuah kapal selam.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, uji coba roket yang diklaim "pintar" itu berlangsung pada pukul 04.30 dan berlangsung selama 26 menit.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan menyaksikan langsung uji coba roket berkode KN-01 itu di dekat kota Wusan, Minggu (14/6/2015).

Kantor berita Korea Utara, KCNA, mengabarkan, roket-roket itu dengan tepat mendeteksi dan menghantam target yang ditentukan. Namun, KCNA tidak menyebut lokasi uji coba dan spesifikasi roket tersebut.

"Uji coba roket ini menyusul uji coba pada Februari dan Maret lalu," kata seorang pejabat Kemenhan Korea Selatan kepada CNN.

"Militer kami terus memantau pergerakan Korea Utara dan tetap menjaga kewaspadaan terhadap berbagai provokasi," tambah pejabat itu.

Korea Utara saat ini terkena sanksi Dewan Keamanan PBB karena melakukan uji coba dan mengembangkan misil-misil balistik.

Uji coba ini juga digelar setelah seorang prajurit Korea Utara melintasi perbatasan yang dijaga ketat dengan niat membelot ke Korea Selatan.

Kantor berita Yonhap mengatakan, militer Korea Selatan sudah mengamankan prajurit yang melintasi batas di wilayah tengah semenanjung itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com