Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebutir Peluru Bersarang di Perut Veteran China Selama 60 Tahun

Kompas.com - 12/06/2015, 06:00 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Duan Zhi-cai, seorang veteran perang berusia 94 tahun asal Sichuan, China, selama 60 tahun tak menyadari sebutir peluru bersarang di dalam perutnya. Pria lanjut usia itu baru mengetahui hal tersebut setelah dia melakukan pemeriksaan sinar X beberapa tahun lalu.

Duan yang turut berperang melawan Jepang pada Perang Dunia II dan Amerika Serikat pada awal Perang Korea 1950-1953 itu, dibawa ke rumah sakit dua tahun lalu setelah rasa sakit di perutnya semakin hebat.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan termasuk foto sinar X, barulah diketahui sumber sakit itu berasal dari sebutir peluru yang bersarang di perut sang veteran perang.

Berdasarkan sejumlah lapiran, peluru yang bersarang di perut Duan berukuran tiga sentimeter. Namun, akibat usia Duan yang sudah sangat renta maka dokter memutuskan tak akan mengeluarkan peluru itu.

Dari hasil foto rontgen, terlihat ujung peluru itu mengarah ke atas dan namun tak terlihat luka di perut Duan akibat peluru tersebut. Para dokter menduga saat tengah bertempur Duan tertembak di bagian bokongnya.

Duan mengatakan selama perang dia terluka dua kali. Bekas-bekas luka di lengannya itu masih terlihat hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com