Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Bugil Gunung Kinabalu Dituntut Bayar Denda Berupa 10 Kerbau

Kompas.com - 11/06/2015, 22:13 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Selain terancam hukuman penjara di Malaysia, empat wisatawan asing yang beraksi bugil di puncak Gunung Kinabalu menghadapi tuntutan lain dari masyarakat adat setempat.

Seorang pemimpin adat meminta para turis asing yang kini ditahan itu membayar denda atas aksi mereka itu. Denda yang diminta berupa 10 kerbau.

"Para wisatawan yang membuat murka para penjaga gunung (Kinabalu) harus membayar kesalahan mereka dengan denda yang harus berupa 10 kerbau jantan atau betina," kata Tindarama Aman Sirom Simbuna, pemimpin masyarakat adat setempat.

Penduduk asli di sekitar Gunung Kinabalu meyakini, puncak gunung itu adalah tempat beristirahat arwah kerabat mereka yang sudah meninggal dunia.

Saat ini, kepolisian Malaysia sudah menangkap lima wisatawan asing yang melakukan aksi bugil di puncak Gunung Kinabalu. Mereka terdiri dari seorang warga Inggris, tiga warga Kanada, dan satu warga Belanda.

Salah seorang wisatawan asing yang ditahan kepolisian Malaysia itu adalah Eleanor Hawkins (24) asal Inggris. Dia ditahan di Bandara Sabah pada Rabu (10/6/2015), saat akan terbang menuju Kuala Lumpur.

Kuasa hukum Eleanor, Ronny Cham, mengatakan, dirinya belum mengetahui jadwal sidang berikutnya setelah keempat tersangka sempat didatangkan ke pengadilan dan dikembalikan ke penjara.

"Sidang bisa digelar pada Jumat atau Senin pekan depan. Dia (Eleanor) dalam kondisi baik, dan saya akan berbicara lagi dengan dia," kata Ronny.

Tersangka kelima

Pada Kamis (11/6/2015), Kepolisian Malaysia menahan tersangka kelima, yaitu Emil Kaminski (33), warga Kanada, yang diyakini sebagai pemimpin kelompok "turis bugil" itu.

Saat ini, kepolisian sudah mendapatkan surat perintah pengadilan untuk menahan para tersangka selama empat hari untuk menjalani pemeriksaan atas tuduhan melakukan perbuatan cabul.

Kelima warga asing itu diyakini adalah bagian dari 10 orang asing yang melakukan aksi foto bugil di puncak Gunung Kinabalu pada 30 Mei lalu. Dalam foto yang diunggah ke dunia maya itu, semua turis pria terlihat telanjang bulat, dan para turis perempuan "hanya" bertelanjang dada.

Beberapa hari setelah aksi bugil itu, gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang kawasan di sekitar gunung tersebut yang mengakibatkan runtuhnya bebatuan besar ke arah rute pendakian gunung setinggi 4.095 meter itu.

Akibat gempa itu, 18 pendaki tewas, di antaranya sembilan warga Singapura, sembilan warga Malaysia, lalu masing-masing satu orang warga Filipina, China, dan Jepang.

Gunung Kinabalu, yang merupakan situs wrisan budaya UNESCO dan lokasi pendakian yang populer, dianggap sebagai tempat suci oleh suku Kadazan Dusun. Suku ini percaya bahwa gunung tersebut adalah tempat beristirahat para roh dari mereka yang sudah meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com