Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria AS Tewas dalam Pertempuran Melawan ISIS di Suriah

Kompas.com - 11/06/2015, 18:19 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Ketih Broomfield, seorang warga AS yang bergabung dengan milisi Kurdi Suriah memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran. Demikian pernyataan sejumlah petinggi Kurdi, Rabu (10/6/2015).

Keith yang berasal dari Massachusetts itu, tewas pada 3 Juni lalu dalam pertempuran di desa Qentere, tak jauh dari kota perbatasan Kobani. Dia adalah warga AS pertama yang tewas dalam pertempuran melawan ISIS.

"Keith bergabung dengan kami pada 24 Februari lalu dengan nama tempur Gelhat Raman," kata Nasser Haji, seorang tokoh kelompok milisi Kurdi Suriah (YPG) yang enggan membeberkan penyebab kematian Keith.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jeff Rathke membenarkan kabar soal kematian Keith Broomfield namun menolak memberikan rincian peristiwa itu.

Rathke hanya mengatakan pemerintah AS menyediakan bantuan konsuler untuk keluarga mendiang Broomfield.

Salah seorang kawan Keith, Joel O'Toole, mengatakan kawannya itu pergi ke Suriah beberapa bulan lalu setelah terinspirasi sebuah tayangan televisi.

"Luar biasa melihat seseorang termotivasi akan tujuannya seperti itu dan melakukan sesuatu," kata Joel.

Perang melawan ISIS di Irak dan Suriah telah menarik puluhan warga Barat, termasuk para veteran yang ikut menginvasi Irak pada 2003, datang ke Timur Tengah untuk bergabung bersama milisi Kurdi, yang sejauh ini adalah kelompok paling sukses dalam memerangi ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com