Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Perancis Bayar Ongkos Perjalanan Menonton Final Liga Champions

Kompas.com - 11/06/2015, 17:55 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Perdana Menteri Perancis Manuel Valls, Kamis (11/6/2015), mengatakan akan membayar sebagian biaya perjalanan yang digunakannya berangkat ke Berlin, Jerman, untuk menonton final Liga Champions di Berlin, Sabtu pekan lalu.

Valls dikecam publik Perancis setelah menggunakan pesawat jet pemerintah untuk menerbangkan dua anaknya menyaksikan pertandingan antara Barcelona melawan Juventus, yang akhirnya dimenangi Barcelona 3-1.

Tadinya Valls bersikukuh bahwa acara menonton pertandingan sepak bola ini adalah perjalanan dinas karena dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini, sekaligus membahas turnamen Piala Eropa 2016 yang digelar di Perancis.

Namun, sekarang Valls mengatakan, dirinya memahami kemarahan dan tekanan masyarakat Perancis sehingga bersedia membayar sebagian biaya perjalanan ke Berlin, sebesar 2.800 dollar AS atau sekitar Rp 37,2 juta.

"Ini adalah perjalanan dinas, jadi saya menggunakan fasilitas bagi perdana menteri ... tetapi saya juga memahami reaksi masyarakat," kata Valls.

"Di masa depan saya tidak akan lagi melakukan hal tersebut," tambah Valls yang dikenal sebagai pendukung Barcelona tersebut.

Agenda menonton babak final ini diyakini telah menodai reputasi PM Valls. Tiga dari empat warga Perancis, menurut kantor berita AFP, mengatakan sangat terkejut dengan perjalanan Valls ke Berlin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com