Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Jadi Tentara, Pria Australia Pergi ke Irak untuk Perangi ISIS

Kompas.com - 11/06/2015, 16:04 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com — Ashley Dyball alias Mitchell Scott (23), asal Brisbane, Australia, bergabung dengan milisi Kurdi yang memerangi ISIS di Irak. Ia menyatakan bersedia mengorbankan hidupnya "demi membebaskan anak-anak dan perempuan tak berdosa".

Ashley Dyball diketahui pergi ke Irak dan bergabung dengan milisi Kurdi bulan Mei lalu. Pada Rabu (10/6/2015), Scott menulis komentar di akun Facebook-nya. Dia mengatakan tidak bisa kembali ke Australia dan siap mengorbankan nyawa demi menyelamatkan banyak orang.

Dyball menyatakan, "waktunya terbatas" dan merupakan keputusannya sendiri untuk menyadarkan orang lain mengenai kehidupan warga Irak yang tak berdosa yang dibunuhi ISIS setiap harinya.

Dyball meminta keluarga dan sahabat-sahabatnya untuk memahami pilihannya ini. Ia juga mengirimkan fotonya mengenakan kacamata hitam dan penutup kepala khas Timur Tengah.

Namun, seorang pria bernama Sam Pezzimenti, yang mengaku teman Dyball selama enam tahun terakhir, mengatakan, Dyball pernah mendaftar jadi tentara Australia, tetapi tidak lulus. Pezzimenti menambahkan, teman-teman Dyball di Brisbane banyak yang menjadi tentara.

"Dia selalu bicara mengenai kehidupan tentara dan pengabdian kepada negara. Namun, dia tidak lulus entah kenapa, tetapi mungkin terkait sesuatu mengenai bahunya yang tidak memenuhi syarat," kata Pezzimenti, yang juga warga Brisbane.

Pezzimenti mengatakan, posting-an Dyball di media sosial menunjukkan bahwa itu memang benar Dyball. "Dyball misalnya percaya bahwa seseorang bisa membuat perubahan," katanya.

"Setahu saya, Ashley tidak akan kembali ke Australia," kata Pezzimenti. "Saya senang bahwa dia masih hidup."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com