Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medsos di China Gelar Kompetisi Pamer Bulu Ketiak Khusus Wanita

Kompas.com - 10/06/2015, 18:27 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Biasanya kaum perempuan memilih ketiak mereka bersih dari bulu. Namun, media sosial China, Weibo, malah menggelar kompetisi bulu ketiak khusus kaum hawa.

Kompetisi dengan tagar #WomenArmpitHairCompetition itu dimulai pada 26 Mei lalu dan berakhir pada 26 Juni mendatang. Cara mengikuti kompetisi ini mudah, yaitu para perempuan China diminta mengirimkan foto selfie yang memperlihatkan bulu ketiak mereka.

Luar biasanya, sambutan untuk kompetisi ini sangat bagus. Sejauh ini sudah 40 orang perempuan mengirimkan selfie mereka ke Weibo, yang tentu saja dengan memamerkan ketiak mereka yang berbulu.

Kontes unik ini merupakan ide dari seorang aktivis perempuan Xiao Yue (26) yang ingin memunculkan pemahaman bahwa perempuan tetap cantik tanpa harus mencukur bulu di tubuh mereka, dalam hal ini ketiak.

Lalu bagaimana menentukan pemenang dalam kompetisi ini? Gelar juara akan diraih oleh perempuan dengan foto yang dianggap paling "berkarakter, cantik, dan percaya diri" saat memamerkan ketiaknya.

Juara kompetisi ini akan mendapatkan 100 kondom, peringkat kedua mendapatkan sebuah vibrator, dan peringkat ketiga mendapatkan peralatan buang air seni.

"Ketiak perempuan selama ini dianggap cabul, tak beretika, dan tidak cantik, bagaimana mungkin ketiak bisa membuat orang begitu tak nyaman?" kata Xiao.

"Bulu ketiak perempuan bisa menjadi sangat cantik, menarik, lucu, seksi, serius, dan berubah," tambah Xiao Yue.

Menurut Xiao, konsep bahwa perempuan yang memiliki bulu ketiak adalah tidak beradab datang dari budaya Barat yang mulai memasuki China pada 1990-an.

Kini, masalah "keburukan" ketiak berbulu digunakan media dan periklanan sebagai cara untuk menggenjot konsumerisme dan penjualan krim-krim pencukur bulu ketiak.

Tahun lalu, Weibo juga menggelar kontes serupa dan meminta para penggunanya mengirimkan foto ketiak mereka yang berbulu. Seruan Weibo itu mendapat sambutan hangat dengan ribuan foto yang diunggah dalam lima hari dan menarik 28,5 juta penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com