Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Argentina Serahkan Diri terkait Skandal FIFA

Kompas.com - 10/06/2015, 04:16 WIB

KOMPAS.com - Seorang warga Argentina yang dicari Amerika Serikat terkait penyelidikan tuduhan korupsi FIFA telah menyerahkan diri kepada polisi di Italia.

Alejandro Burzaco, mantan presiden perusahaan pemasaran olahraga Argentina, Torneos y Competencias, adalah satu dari 14 pejabat, mantan pejabat FIFA serta rekanannya yang terkait skandal tersebut.

Interpol telah mengeluarkan surat bagi penangkapannya.

Dia menghilang setelah dilakukannya penangkapan tujuh eksekutif FIFA pada tanggal 27 Mei.

Media Swiss melaporkan Burzaco tidak berada di kamarnya saat polisi, berdasarkan permintaan ekstradisi dari pejabat AS, menggerebek sebuah hotel di kota Zurich, Swiss karena sedang makan pagi sehingga dia tidak ikut tertangkap.

Burzaco, yang juga memiliki kewarganegaraan Italia, mendatangi stasiun polisi di kota Borzano, Italia utara bersama-sama dua pengacaranya pada hari Selasa (9 Juni).

Dia ditempatkan di penjara kantor polisi Borzano, kata pejabat kepada kantor berita Spanyol, Efe.

Kementerian Kehakiman AS menuduh Burzaco berkomplot untuk memenangkan dan mempertahankan kontrak hak media yang menguntungkan dari federasi sepakbola kawasan dengan membayar uang suap 110 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com