Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter di China Keluarkan 420 Batu dari Ginjal Pasiennya

Kompas.com - 09/06/2015, 18:17 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sejumlah dokter di China sukses mengeluarkan 420 batu dari ginjal seorang pasien. Pasien bermarga He itu harus menjalani operasi bedah selama dua jam di rumah sakit kota Dongyang, provinsi Zhejiang, untuk mengeluarkan semua batu ginjalnya.

Dokter di rumah sakit itu mengatakan, ratusan batu dalam ginjal He amat mungkin terbentuk karena dia sering makan tahu dan kurang minum air.

"Produk dari kacang kedelai, khususnya tahu, mengandung kadar kalsium yang tinggi. Tanpa air dalam jumlah cukup, kalsium yang begitu banyak tidak bisa dicerna dan dikeluarkan tubuh," kata dr Wei Yubin kepada harian The Qianjiang Evening Post.

He mendatangi dokter pada Mei dan mengeluh sakit perut. Setelah ia melakukan CT scan, ginjalnya diketahui terisi penuh dengan batu. Dokter mengatakan, bila He menunda operasi bedah lebih lama, maka ginjalnya harus dikeluarkan.

Walau 420 batu ginjal adalah jumlah yang banyak, jumlah itu belum mendekati rekor dunia. Pada 2009, seorang dokter di India mengeluarkan 172.155 batu dari ginjal kiri seorang pasien setelah pembedahan selama tiga jam. Catatan itu masuk Guinness World Records.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com