Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G7: Sanksi terhadap Rusia Harus Berlaku terkait Ukraina

Kompas.com - 09/06/2015, 06:40 WIB

KOMPAS.com - Pada komunike akhirnya, para pemimpin negara industri G7 mengatakan sanksi terhadap Rusia harus tetap berlaku sampai gencatan senjata di Ukraina benar-benar dihormati.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan negara-negara G7 siap meningkatkan sanksi jika keadaan memang memerlukannya. Para pemimpin juga membicarakan masalah utang Yunani.

Presiden Amerika Serikat mengatakan dirinya berpikir hal ini bisa ditangani, tetapi warga Yunani harus mengambil keputusan politik yang sulit.

Dia menambahkan, masyarakat dunia dan badan keuangan harus menunjukkan kelonggaran.

Pada KTT ini, Obama berbicara tentang langkah-langkah yang perlu diambil agar usaha menghadapi kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS dapat lebih efektif di Irak.

Dia berbicara tentang pentingnya melibatkan kelompok suku Islam Sunni dalam perang melawan ISIS di wilayahnya.

Presiden AS mengatakan, pemerintah Irak harus lebih terlibat, dan memastikan masyarakat Sunni merasa kepentingannya diperhatikan.

Obama mengatakan, Amerika perlu meningkatkan kecepatan pelatihan pasukan Irak, dan menambahkan Turki sebenarnya dapat berusaha lebih keras dalam mencegah milisi asing melintasi perbatasan untuk bergabung dengan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com