Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wapres Iran di Masa Pemerintahan Ahmadinejad Ditangkap

Kompas.com - 08/06/2015, 23:00 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Pemerintah Iran, Senin (8/6/2015), menahan mantan wakil presiden yang bekerja di masa pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad. Ini adalah penangkapan kedua seorang mantan pejabat senior di masa pemerintahan presiden berhaluan keras itu.

Kantor berita IRNA yang mengutip juru bicara kementerian kehakiman Gholam Hossein Mohseni Ejehi membenarkan penangkapan Hamid Baghaei, wakil presiden urusan masalah-masalah eksekutif di masa pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad. Namun, IRNA tak memberikan rincian lebih jauh terkait penangkapan ini.

Mahmoud Ahmadinejad yang dikenal dengan retorika-retorika kerasnya terhadap Israel, salah satunya adalah ancaman akan menghapuskan Israel dari peta dunia.

Meski terkenal akan ketegasannya terhadap Barat dan Israel, namun di dalam negeri pemerintahan Ahmadinejad menghadapi tudingan melakukan korupsi terutama di masa-masa akhir jabatannya.

Presiden Hassan Rouhani, seorang politisi moderat yang menggantikan Ahmadinejad pada 2013, berulang kali menyebut masifnya tindak pidana korupsi di masa pemerintahan pendahulunya itu.

Pada Januari lalu, Mahkamah Agung Iran menyatakan mantan wakil presiden Mohammad Reza Rahimi terlibat kasus korupsi dan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara serta denda sebesar 300.000 dolar AS.

Sementara itu Abdoreza Davari, seorang sekutu dekat Ahmadinejad, seperti dikutip situs berita entekhab.ir mengatakan Baghaei dalam beberapa bulan terakhir tak pernah menghubungi kantor Ahmadinejad.

"Baghaei tak pernah terlalu dekat dengan Ahmadinejad. Saya tak pernah bertemu Baghaei belakangan ini," kata Davari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com