Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Menjual Matahari, Wanita Spanyol Seret eBay ke Pengadilan

Kompas.com - 08/06/2015, 19:21 WIB
MADRID, KOMPAS.com - Seorang perempuan yang dilarang menjual matahari di eBay ternyata memenangkan hak untuk menyeret situs lelang itu ke pengadilan. Maria Duran sejak 2010 mengklaim menjadi pemilik sebagian matahari saat dia dipaksa membayar penggunaan tenaga matahari.

Perempuan berusia 54 tahun itu mendaftarkan kepemilikan matahari ke sebuah kantor notaris di Spanyol, sebelum membuka akun eBay dan kemudian menjual lahan di matahari dengan harga 1 euro per meter persegi.

Namun, dua tahun kemudian eBay mencabut iklan penjualan tanah di matahari itu. Pengelola eBay menganggap tawaran penjualan yang dilakuan Maria melanggar kebijakan "benda tak berwujud" dan eBay memblokir akun milik Maria.

Tak terima perlakukan eBay, Maria kemudian mengancam akan menuntut situs lelang tersebut. Dan, ternyata sebuah pengadilan di Spanyol mengizinkan Maria mengajukan gugatan.

Sidang kasus unik ini akan digelar bulan depan dengan Maria Duran menuntut kompensasi sebesar 7.500 poundsterling atau hampir Rp 153 juta yang menurut Maria adalah potensi pendapatannya.

Maria, perempuan asal kota Vigo di Galicia, menolak upaya eBay untuk menyelesaikan masalah ini di luar pengadilan.  Meski usahanya menjual tanah di matahari ditolak eBay,  Maria masih melanjutkan upaya itu di situs pribadinya.

Dia mengatakan meski terdapat kesepakatan internasional yang mengatakan tak satu negarapun yang berhak mengklaim kepemilikan sebuah planet atau bintang, dirinya sebagai individu tak terikat kesepakatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com