Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 08/06/2015, 12:58 WIB


KOMPAS.com — Rakyat Singapura, Senin (8/6/2015), berkabung setelah delapan warga negara tersebut meninggal dunia akibat gempa bumi di Gunung Kinabalu, negara bagian Sabah, Malaysia.

Kedelapan warga Singapura yang meninggal dunia terdiri dari enam pelajar dan dua orang dewasa. Mereka sedang melakukan pendakian di Gunung Kinabalu ketika gempa mengguncang pekan lalu.

"Senin, 8 Juni 2015, adalah Hari Berkabung Nasional. Bendera nasional di semua gedung pemerintah dikibarkan setengah tiang," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Hari berkabung juga diberlakukan di negara bagian Sabah, Malaysia. Bendera-bendera setengah tiang dikibarkan untuk mengenang korban gempa.

Sejauh ini terdapat 16 jenazah yang telah diindentifikasi. Tim penyelamat masih melakukan penyisiran untuk mencari kemungkinan korban yang belum ditemukan.

Seorang pejabat Sabah mengatakan, bencana itu mungkin disebabkan oleh ulah sekelompok turis asing yang berpose telanjang di gunung sehingga membuat salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara itu "marah".

Pihak berwenang mengatakan, beberapa turis asing telah diketahui identitasnya dan mereka akan dimintai keterangan sebelum diizinkan meninggalkan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com