Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama: G7 Akan Bahas Agresi Rusia

Kompas.com - 08/06/2015, 01:13 WIB

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, para pemimpin negara-negara industri yang tergabung dalam G7 akan membicarakan sikap "berani terhadap agresi Rusia" di Ukraina.

Obama mengatakan hal itu ketika tiba di Jerman, Minggu (7/6/2015) untuk menghadiri pertemuan G7. Kelompok negara-negara maju ini sebelumnya dikenal dengan nama G8 tetapi Rusia kemudian dikeluarkan setelah mencaplok Krimea tahun lalu.

"Kami akan membicarakan masa depan bersama, ekonomi global yang membuka lapangan pekerjaan dan peluang, mempertahankan Uni Eropa yang kokoh dan makmur, menjalin kemitraan dagang melintasi Atlantik, bersikap berani terhadap agresi Rusia di Ukraina, mengatasi berbagai ancaman mulai dari ekstremisme hingga perubahan iklim," kata presiden AS.

Pernyataan Obama dikeluarkan di tengah kekhawatiran bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sengaja memperkuat tekanan militer lebih jauh di Ukraina, meskipun Rusia sudah dijatuhi sanksi-sanksi oleh Eropa dan Amerika Serikat.

Barat menuduh Rusia mengirim pasukan ke Ukraina timur untuk membantu pemberontak. Namun pemerintah Rusia membantah tudingan itu dengan mengatakan tentara Rusia yang berada di sana adalah relawan.

Pertemuan G7 juga dihadiri oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Prancis Francois Hollande, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, dan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com