Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"10 Turis Telanjang di Gunung Kinabalu Pemicu Gempa Bumi"

Kompas.com - 06/06/2015, 17:15 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

KUNDASANG, KOMPAS.com - Tan Sri Joseph Pairin Kitingan, Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, Malaysia menuding 10 turis Eropa sebagai penyebab terjadinya gempa bumi berkekuatan 6.0 skala richter di Sabah, Jumat sore (5/6/2015).

Straits Times yang melansir berita ini menyebutkan, Kitingan menegaskan gempa bumi yang baru melanda merupakan akibat dari ulah 10 turis yang telanjang menuju di puncak Gunung Kinabalu, tanggal 30 Mei lalu.

Kitingan menambahkan, perbuatan wisatawan itu sangat tercela, karena dinilai tidak menghormati adat-istiadat setempat. "Percaya tidak percaya, ini adalah hal yang penduduk Sabah percaya, ketika gempa bumi terjadi, itu merupakan konfirmasi dari kepercayaan kita, Gunung Kinabalu adalah gunung yang suci, jangan menganggap hal ini sebelah mata," kata Kitingan.

Kitingan juga meminta agar turis-turis itu diseret ke pengadilan lokal untuk diadili atas perbuatan mereka. Foto setengah telanjang turis Eropa itu muncul di media sosial telah memicu kontroversi di kalangan penduduk Sabah. Warga setempat selama ini mengkultuskan kesucian Gunung Kinabalu.

Sebelumnya diberitakan, meskipun sudah diminta oleh Direktur Sabah Park Datuk Jamili Nais untuk menghentikan perbuatannya, turis-turis tersebut menolak mentah-mentah dan malahan menyoraki Datuk Jamili.

Gempa bumi yang menggoyang negeri bagian yang terletak di utara Pulau Kalimantan itu menewaskan 11 orang yang sedang mendaki Gunung Kinabalu. Sedangkan delapan orang lainnya masih belum ditemukan.

Sejauh ini dilaporkan tidak ada kerusakan berarti atau korban lain di luar daerah Gunung tertinggi di Malaysia itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com