Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Rencanakan Pasang Toilet di Lift

Kompas.com - 04/06/2015, 05:31 WIB

KOMPAS.com - Jepang berencana memasang toilet di berbagai lift yang tersebar di sejumlah bangunan yang ada di negara tersebut. Ini dilakukan agar orang-orang yang terjebak di lift ketika gempa tetap bisa buang air.

Langkah ini dipertimbangkan oleh para pejabat dan asosiasi produsen lift, setelah puluhan orang terperangkap di dalam 14 elevator, saat terjadi gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter, di selatan Tokyo, hari Sabtu (31/05). Banyak di antaranya terjebak selama lebih dari satu jam.

Hampir semua lift di Jepang akan secara otomatis berhenti di lantai terdekat saat terjadi gempa. Namun, ada beberapa yang macet di antara lantai-lantai gedung, yang membuat siapa pun yang ada di dalamnya tidak bisa keluar.

Desain toilet tersebut antara lain terbuat dari kertas kardus yang bisa dilipat, yang dilengkapi kantung kedap air atau zat peresap.

Beberapa lift di Jepang sebenarnya sudah dilengkapi toilet. Namun, fasilitas ini biasanya diperuntukkan bagi manula.

Jepang memiliki sekitar 620.000 lift di berbagai gedung, sekitar 20 persen di antaranya berada di ibu kota Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com