Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Airlines MH17 Jatuh Ditembak Rudal Buatan Perusahaan Rusia

Kompas.com - 02/06/2015, 22:22 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Perusahaan pertahanan Rusia, Almaz-Antey, mengatakan, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 yang jatuh di Ukraina tahun lalu kemungkinan besar ditembak dengan rudal buatan perusahaan tersebut.

Almaz-Antey menjelaskan, kesimpulan ini didapat setelah pihaknya menganalisis kerusakan dari serpihan-serpihan pesawat.

"Analisis tahap awal kami menunjukkan bahwa jenis rudal yang dipakai adalah BUK-M1," kata Mikhail Malyshevsky, pejabat Almaz-Antey, dalam keterangan pers, Selasa (2/6/2015).

Menurut Malyshevsky, rudal BUK-M1 merupakan sistem pertahanan anti-pesawat terbang yang mereka buat.

Lebih jauh, Malyshevsky mengatakan bahwa rudal yang diduga digunakan untuk menembak jatuh MH17 adalah versi lama dari rudal M1 yang tidak lagi dipakai militer Rusia, tetapi masih terdaftar dalam sistem persenjataan Ukraina.

Almaz-Antey mengatakan, rudal tersebut ditembakkan dari Zaroshenskoye, kawasan di Ukraina selatan yang dikuasai militer pemerintah negara tersebut.

Sejak awal Rusia menolak tudingan bahwa MH17 terkena tembakan rudal buatan mereka yang dikirim ke pemberontak di Ukraina. Pemerintah Moskwa mengatakan, jatuhnya pesawat tersebut adalah tanggung jawab Ukraina.

Pesawat MH17 terbang dengan 298 penumpang dan awak saat jatuh di Ukraina pada Juli 2014 dalam penerbangan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur. Sebagian besar korban adalah warga negara Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com