Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Erdogan: Jika Toilet Istana Presiden Berlapis Emas, Saya Akan Mundur

Kompas.com - 01/06/2015, 22:31 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan janji yang tidak biasa. Ia berjanji akan mengundurkan diri dari jabatannya jika pemimpin oposisi bisa menemukan satu saja toilet emas di istana kepresidenan.

"Silakan (Kiricdaroglu) datang dan melihat-lihat (istana presiden) .... Jika ia bisa menemukan (toilet berlapis emas), saya akan mundur sebagai presiden," kata Presiden Erdogan dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah Turki, yang disiarkan pada Minggu (31/5/2015).

"Tetapi, jika ia tak bisa menemukannya, apakah ia berani mundur dari jabatan pemimpin partai? Saya menantangnya untuk datang ke istana," tambah Erdogan.

Menurut kantor berita Associated Press, undangan bagi Kiricdaroglu diulangi para pejabat di istana presiden pada Senin (1/6/2015).

Presiden Erdogan menyampaikan pernyataan tersebut setelah pemimpin partai oposisi, Partai Rakyat Republik, Kemal Kilicdaroglu, berulang kali menuduhnya hidup mewah dengan menggunakan uang pajak rakyat.

Dalam satu kampanye, Kiricdaroglu menyatakan, toilet di istana presiden dilapisi emas. Istana presiden Turki dilaporkan memiliki 1.150 kamar dengan nilai keseluruhan bangunan dan isinya diperkirakan mencapai 620 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,2 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com