Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasihat Militer Iran Tewas di Dekat Kota Ramadi

Kompas.com - 01/06/2015, 18:18 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Seorang perwira militer Iran tewas di dekat kota Ramadi, Irak saat bertugas menjadi penasihat untuk militer Irak yang berupaya kembali merebut ibu kota provinsi Anbar itu dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Jassem Nouri, yang juga pernah penjadi penasihat militer di Suriah, tewas pada Kamis pekan lalu. Demikian dikabarkan kantor berita IRNA, Senin (1/6/2015).

Para pemimpin politik dan militer bergabung dengan seluruh keluarga Nouri untuk menghadiri upacara pemakaman sang perwira di kota Ahvaz, wilayah barat daya Irak yang digelar Senin ini.

"Komandan perang Iran-Irak, Jassem Nouri ada di sana (Irak) sebagai penasihat militer untuk membagi pengalamannya dengan para pejuang Irak," demikian seorang tokoh agama Qassem Khaziravi menggambarkan sosok Nouri.

Pemerintah Iran memasok persenjataan dan penasihat militer bagi pemerintah Irak dan Suriah. Meski demikian Iran terus membantah terlibat dalam konflik bersenjata di dua negara tersebut.

Ramadi adalah ibu kota provinsi Anbar yang mayoritas penduduknya adalah umat Muslim Sunni. Kondisi ini yang awalnya membuat PM Haider al-Abadi mencoba untuk tidak mengirimkan milisi Syiah dukungan Iran ke wilayah itu.

Namun, dengan jatuhnya kota itu ke tangan ISIS maka PM Abadi tak memiliki pilihan lain selain mengirimkan milisi bersenjata Syiah untuk mendukung militer Irak dalam pertempuran memperebutkan Ramadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com