Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek 92 Tahun Catat Rekor sebagai Pelari Maraton Perempuan Tertua

Kompas.com - 01/06/2015, 13:55 WIB
SAN DIEGO, KOMPAS.com — Seorang nenek berusia 92 tahun di AS menjadi perempuan tertua yang menyelesaikan lomba lari maraton saat dia melintasi garis finis lomba sejauh 26 mil atau 42 kilometer itu di San Diego, Minggu (31/5/2015).

Harriette Thompson (92 tahun dan 65 hari), yang tersenyum, dielu-elukan puluhan penonton dan pendukung ketika dia menyelesaikan lomba di Southern California itu dalam waktu tempuh 7 jam, 24 menit, dan 36 detik.

Ketika berbicara kepada harian kota kelahirannya, Charlotte Observer, Thompson mengatakan dia merasa "sedikit kaku" setelah lomba tersebut. "Saya benar-benar lelah pada satu titik. Sekitar mil ke-21, saya naik bukit dan itu seperti sebuah gunung," katanya kepada Observer.

"Saya berpikir, 'Ini gila untuk (orang) seusia saya.' Namun, saya kemudian merasa lebih baik saat turun bukit. Putra saya, Brenny, terus memberi saya semua karbohidrat yang bagus yang membuat saya terus maju."

Perempuan tertua sebelumnya yang menyelesaikan maraton adalah seorang perempuan Amerika yang lain, yaitu Gladys "Gladyator" Burrill, yang berusia 92 tahun 19 hari ketika dia melakukan itu di Honolulu pada 2010.

Thompson berpartisipasi dalam lomba lari maraton itu demi mengumpulkan dana bagi penelitian kanker, penyakit yang dia sendiri derita, tetapi kemudian pulih. Nenek 10 orang cucu itu juga menyelesaikan lomba itu tahun lalu dengan waktu tempuh 7 jam, 7 menit, dan 42 detik.

Pria tertua yang menyelesaikan lari maraton adalah Fauja Singh, yang berusia 101 tahun saat dia pensiun dari lomba itu pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com