Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Wakil Presiden AS Meninggal Dunia

Kompas.com - 31/05/2015, 10:04 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Beau Biden, mantan jaksa agung negara bagian Delaware dan putra wakil presiden AS Joe Biden, meninggal dunia pada Sabtu (30/5/2015) dalam usia 46 tahun akibat kanker otak yang dideritanya. Demikian pernyataan resmi Wapres Joe Biden.

"Seluruh keluarga besar Biden sangat berduka. Kami tahu, semangat Beau akan terus hidup dalam kehidupan kami, khususnya lewat istrinya yang tabah Hallie dan kedua anaknya yang luar baisa, Natalie dan Hunter," ujar Joe Biden dalam pernyataan resminya.

Beau Biden, dirawat di rumah sakit Walter Reed Medical Center, Washington DC sejak awal bulan ini. Dia meninggal pada Sabtu malam di tengah-tengah keluarganya.

Beau Biden didiagnosa menderita kanker otak pada Agustus 2013 dan dia sempat menjalani kemoterapi dan pembedahan yang dianggap sukses. Namun, pada musim semi tahun ini, penyakitnya kambuh dan langsung mendapat perawatan.

Meninggalnya putra Wapres Joe Biden yang juga dianggap salah satu "bintang baru" Partai Demokrat ini langsung ditanggapi ucapan bela sungkawa dari Presiden Barack Obama.

"Michelle dan saya sangat berduka malam ini. Beau Biden adalah sahabat kami. Keluarganya yang hebat, Hallie, Natalie dan Hunter, juga adalah sahabat kami. Joe dan Jill Biden juga sahabat terbaik  kami," kata Obama.

"Beau mengikuti jejak Joe (Biden). Seperti ayahnya, dia juga kuliah hukum, bahkan di sekolah hukum yang sama. Dia juga meniti karier sebagai pelayan publik, sama seperti ayahnya. Dia juga pernah bertugas di Irak dan menjadi jaksa agung di Delaware," lanjut Obama.

"Seperti ayahnya, Beau adalah pria baik dan seorang penganut Katolik yang taat. Itulah yang membuat kehidupan semua orang yang dekat dengan dia berbeda, dan dia akan selalu hidup dalam hati semua orang yang mengenalnya," Obama menegaskan.

Beau Biden menjabat jaksa agung di negara bagian Delaware pada 2007-2005. Dia juga menyandang pangkat mayor dalam kesatuan Garda Nasional Delaware dan pernah mendapatkan penghargaan Bintang Perunggu dari pemerintah AS.

Penghargaan itu didapatnya setelah sempat bertugas selama satu tahun di Irak yaitu pada 2008-2009 bersama Garda Nasional.Tahun lalu, Beau menyatakan dia berencana untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Delaware pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com