Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milisi Kristen Suriah Penggal Seorang Anggota ISIS

Kompas.com - 31/05/2015, 03:48 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Seorang anggota  milisi Kristen Suriah dikabarkan memenggal seorang anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Hasakeh, wilayah barat laut Suriah. Demikian penjelasan Organisasi Pemantau HAM Suriah, Sabtu (30/5/2015).

Organisasi yang berbasis di Inggris itu mengatakan insiden tersebut terjadi pada Kamis lalu, di provinsi Hasakeh yang sebagian besar wilayahnya dikuasai ISIS.

Menurut organisasi ini, milisi Kristen yang merupakan bagian dari komunitas minoritas Assiria, menangkap anggota ISIS itu di desa Tal Shamiram.

"Dia kemudian menjadikan anggota ISIS tersebut sebagai tawanan namun saat dia mengetahui tawanan itu adalah anggota ISIS maka dia kemudian memenggalnya sebagai pembalasan atas perlakuan ISIS terhadap komunitas Assiria," kata direktur Organisasi Pemantau HAM Irak, Rami Abdel Rahman.

Warga minoritas Kristen Suriah bergabung dengan etnis Kurdi dalam perang melawan ISIS. Awal bulan ini mereka memukul mundur ISIS dari sekitar 12 desa Assiria yang pernah diduduki ISIS di wilayah Hasakeh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com