Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Turkmenistan Berencana Perpanjang Masa Jabatan Presiden

Kompas.com - 29/05/2015, 16:41 WIB
ASHGABAT, KOMPAS.com - Ketua parlemen Turkmenistan mengusulkan perubahan konstitusi untuk memperpanjang masa jabatan kepresidenan dan menghapuskan usia maksimal untuk jabatan presiden. Demikian dikabarkan media pemerintah, Jumat (29/5/2015).

Amandemen konstitusi, yang bertujuan untuk memperpanjang kekuasaan Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov (57) di negeri kaya minyak pecahan Uni Soviet itu, akan memperpanjang masa jabatan presiden dari lima menjadi tujuh tahun.

Tak hanya itu, amandemen konstitusi ini akan menghapus usia maksimal bagi seseorang untuk duduk sebagai presiden. Dalam konstitusi saat ini tertulis usia tertua seseorang untuk menduduki jabatan presiden adalah 70 tahun.

"Proposal ini menjadi bukti dukungan luas dari rakyat terhadap kebijakan kepala negara dan kesiapan rakyat Turkmenistan untuk berdiri lebih dekat dengan pemimpin bangsa, Gurbanguly Berdymukhamedov," kata juru bicara parlemen Akdja Nurberdieva.

Rencana ini muncul tak lama setelah patung emas setinggi 21 meter yang menampilkan Presiden Berdymukhamedov yang sedang menunggang kuda diresmikan di Ashgabat pada Senin lalu.

Berdymukhamedov, mantan dokter gigi yang berkuasa setelah pendahulunya Saparmurat Niyazov meninggal dunia, terakhir kali menghadapi pemilu pada 2012 yang dia menangkan dengan 97 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com