Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Irak Temukan 400 Jasad Korban Eksekusi ISIS di Tikrit

Kompas.com - 29/05/2015, 12:30 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Irak menggali sisa jasad 470 orang yang dieksekusi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di dekat kota Tikrit tahun lalu dalam peristiwa yang disebut sebagai pembantaian Speicher. Demikian Kementerian Kesehatan Irak, Kamis (28/5/2015).

"Kami menemukan 470 jasad para syuhada Speicher dari lokasi kuburan massal di Tikrit," kata Menteri Kesehatan Irak Adila Hammoud dalam sebuah konferensi pers di Baghdad.

Pada Juni 2014, pasukan ISIS menculik ratusan orang pemuda, sebagian besar dari mereka adalah rekrutan milisi Syiah dari pangkalan militer Speicher yang terletak di luar kota Tikrit.

Ratusan pemuda itu digiring ke sejumlah lokasi berbeda dan kemudian dieksekusi satu demi satu. Aksi brutal itu kemudian disebarkan ISIS ke dunia maya dalam bentuk foto dan video.

Beberapa jasad dibuang begitu saja ke Sungai Tigris, sementara yang lain dimakamkan di beberapa kuburan massal yang ditemukan pemerintah Irak yang merebut kembali Tikrit sekitar dua bulan lalu.

"Jasad-jasad ini ditemukan dari empat kuburan massal. Salah satunya lebih besar dari lainya dan berisi sekitar 400 jenazah," ujar Ziad Ali Abbas, kepala dokter di kamar jenazah terbesar di Baghdad.

Ratusan keluarga yang para putra, atah dan kakak laki-laki mereka hilang di masa serangan ISIS ke Irak, kini menunggu kabar apakah keluarga mereka itu ada di antara korban pembantaian Speicher yang baru saja ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com