Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Tiongkok Ditangkap karena "Permak" Foto Presiden Xi Jin-ping

Kompas.com - 29/05/2015, 02:31 WIB

KOMPAS.com - Seorang seniman Tiongkok ditangkap karena menerbitkan foto wajah Presiden Xi Jin-ping yang diberi kumis dengan mulut dan mata berkerut sampai nyaris tertutup. Foto itu diunggah dan menjadi viral di dunia maya.

Sejumlah orang membandingkan potret Xin Jin-ping hasil rekaan Dai Jian-yong itu dengan wajah mantan pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Istrinya, Judy Zhu mengatakan, polisi menuduh suaminya telah mengganggu ketertiban umum ketika ditangkap Selasa (26/05) dari rumahnya di Shanghai.

Dai dikenal sebagai seniman yang sering menerbitkan foto-foto yang 'dipermak'. Foto itu antara lain foto dirinya dan beberapa orang lain dengan mulut dan mata berkerut, seperti yang dilakukannya juga terhadap Presiden Xin Jin-ping, namun dengan tambahan kumis.

Walau kumis yang dibuat Dai ke wajah Presiden Xi lebih tebal dan lebar, sejumlah orang berkomentar di internet kalau wajah itu menjadi seperti Adolf Hitler.

Kini, akibat karyanya seniman itu terancam hukuman maksimal lima tahun penjara jika terbukti bersalah.

Zhu mengatakan suaminya pernah juga mengimprovisasi foto mantan presiden Hu Jintao, dengan wajah yang ditutupi oleh beberapa wajah orang lain. Namun saat itu tidak ada tindakan maupun peringatan dari pihak berwenang.

Para pengamat mengatakan para seniman di Tiongkok tampaknya makin sering menjadi sasaran dari pihak berwenang jika karya mereka berupa satire politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com