Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Pastikan 139 Jenazah Pengungsi Dikubur di Tengah Hutan

Kompas.com - 28/05/2015, 12:50 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia, Kamis (28/5/2015), yakin sebanyak 139 jasad pengungsi dikubur di ratusan makam yang ditemukan di kamp-kamp penyelundup manusia di perbatasan dengan Thailand yang ditemukan akhir pekan lalu.

"Berdasarkan ukuran makam-makam itu, dan setelah seluruh kawasan itu dibersihkan, kami mendapatkan indikasi bahwa di tiap makam dikuburkan satu jenazah," kata Wakil Menteri Dalam Negeri, Wan Junaidi Tuanku Jaafar dalam jumpa pers.

Wan Junaidi menambahkan, hasil investigasi awal menunjukkan ke-139 jasad itu dibungkus kain kafan, seperti yang biasa dilakukan dalam pemakaman Muslim.

"Berdasarkan temuan kami sejauh ini, mereka dimakamkan dengan semestinya. Jasad mereka dibungkus kain putih, seperti layaknya pemakaman umat Muslim. Beberapa dimakamkan dalam kuburan yang dangkal," tambah Wan Junaidi yang mengunjungi kota perbatasan Wang Kelian.

Lebih jauh Wan Junaidi menambahkan aparat keamanan Malaysia belum pernah berpatroli ke lokasi tempat ditemukannya ratusan kuburan itu, sebab kawasan itu terlihat tak bisa diakses.

Pasukan komando kepolisian Malaysia memeriksa kawasan itu mulai 11 Mei lalu setelah Thailand menemukan kuburan sejenis di wilayah yang tak jauh dari perbatasan kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com