Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Sisa Perang Dunia II Ditemukan, Kota Cologne Evakuasi 20.000 Warga

Kompas.com - 28/05/2015, 06:13 WIB

COLOGNE, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman mengevakuasi sekitar 20.000 orang dari tempat tinggal mereka di bagian barat kota Cologne, Rabu (27/5/2015), untuk menjinakkan sebuah bom sisa Perang Dunia II. Bom aktif itu ditemukan oleh pekerja konstruksi secara tidak sengaja.

Warga yang tinggal dalam radius 1 kilometer dari lokasi penemuan bom, kemudian diberi tahu untuk meninggalkan rumah mereka. Menurut pejabat kota, petugas ikut dikerahkan untuk mengevakuasi 1.100 orang tua dari sejumlah panti jompo.

Sekolah-sekolah di daerah itu juga ditutup. Begitu juga dengan Kebun Binatang Cologne yang masuk dalam zona berbahaya.

Perangkat perang buatan AS yang belum meledak itu terletak lima meter di bawah tanah. Benda itu ditemukan pada hari Jumat, di bantaran sungai Rhine, dekat jembatan Muelheim.

Ratusan polisi, petugas pemadam kebakaran dan petugas lain dilibatkan dalam proses evakuasi terbesar sejak berakhirnya Perang Dunia II.

Lalu lintas sungai harus dihentikan dari waktu operasinya yang berlangsung sore hari. Jalur udara di atasnya pun ikut ditutup. Ini dilakukan untuk menonaktifkan bom seberat 1 ton itu.

"Semuanya berjalan dengan baik," kata balai kota Cologne dalam sebuah pernyataan.

Pejabat kota Cologne kemudian mengumumkan bahwa bom itu berhasil dijinakkan. Warga pun kembali ke rumah dan aktivitas masing-masing pada sore harinya.

Tujuh puluh tahun setelah berakhirnya pertempuran, sebagian besar wilayah Jerman tetap penuh dengan bom yang belum meledak. Sebagian besar yang tersisa merupakan peninggalan pasukan sekutu dalam upayanya menaklukkan pasukan Nazi Jerman pimpinan Adolf Hitler.

Temuan ini kerap menghambat pekerja konstruksi dalam menyelesaikan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com