Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Irak Usir ISIS dari Dua Permukiman di Pinggiran Ramadi

Kompas.com - 27/05/2015, 20:37 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Pasukan Irak dan milisi-milisi bersenjata pro-pemerintah mulai menempati posisi mereka di pinggiran kota Ramadi setelah menguasai dua kawasan permukiman dan kini tengah bergerak maju menuju Universitas Anbar.

Angkatan darat dan polisi bersama pasukan paramiliter terlibat baku tembak dengan anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebelum menguasai kawasan Taesh dan Humeyrah.

"ISIS dipaksa mundur setelah baku tembak itu. Pasukan Irak dan paramiliter Syiah menguasai dua permukiman itu. Mereka juga berhasil memasuki area universitas, tetapi belum merebutnya," kata seorang kolonel angkatan darat Irak, Rabu (27/5/2015).

Humeyrah, Taesh, dan Universitas Anbar terletak di luar jalan utama yang melingkari kota Ramadi dari arah selatan. Sementara itu, ribuan personel militer Irak dan pasukan milisi Hashed al-Shaabi, kelompok payung berbagai milisi Syiah Irak, semakin mendekati kota Ramadi.

Seorang anggota dewan Provinsi Anbar, Raja al-Issawi, membenarkan pasukan Irak berhasil merebut sisi selatan kota Ramadi. Dia menggambarkan keberhasilan ini sangat penting dalam memotong jalur logistik ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com