Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan dan ISIS Bentrok, 27 Tewas

Kompas.com - 26/05/2015, 21:15 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Bentrokan antara kelompok Taliban dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di wilayah barat Afganistan menewaskan setidaknya 27 orang dan 20 orang lainnya terluka.

Juru bicara militer Afganistan Mohamad Hanif Rezaey, Selasa (26/5/2015), menjelaskan, sebanyak 15 orang anggota ISIS dan 12 orang Taliban tewas dalam bentrokan di distrik Khak-e-Safid, Provinsi Farah, pada Minggu lalu.

Sementara itu, korban luka sebanyak 13 orang adalah anggota ISIS dan sisanya anggota Taliban.

"Taliban menangkap 12 orang anggota ISIS, termasuk empat perempuan warga asing. Kewarganegaraan mereka belum dapat dipastikan," kata Rezaey sambil menambahkan militer Afganistan tak akan ikut campur kecuali jatuh korban warga sipil.

Baku tembak antara Taliban dan ISIS itu terjadi hanya beberapa jam setelah misi NATO di Afganistan memperingatkan bahwa ISIS semakin menanamkan pengaruhnya di Afganistan pada saat pemerintah masih sibuk memerangi Taliban.

Juru bicara misi NATO di Afganistan, Armando Perez, kepada kantor berita EFE mengatakan, meski perkembangan ISIS di negeri itu belum stabil, ISIS terus mendapatkan dukungan warga Afganistan dan secara aktif merekrut anggota.

Dalam dua pekan terakhir, 19 orang anggota Taliban dan ISIS tewas dalam perebutan wilayah di sejumlah lokasi strategis di Provinsi Nangarhar, wilayah timur Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com