Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Tangannya Terbuka, Wanita Saudi Berburka Diusir dari Sebuah Mal

Kompas.com - 26/05/2015, 20:05 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Polisi syariah Arab Saudi terekam video tengah mengusir seorang perempuan yang mengenakan burka dari sebuah pusat perbelanjaan karena kedua tangannya tak tertutup pakaian.

Video itu diambil di pusat perbelanjaan Barzan Mall di kota Hail. Dalam video itu, terlihat seorang pria mengenakan penutup kepala berwarna merah berteriak kepada seorang perempuan dan memintanya segera meninggalkan tempat itu.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat seorang perempuan mengenakan pakaian tradisional Saudi, abaya, yang menutupi seluruh tubuhnya dan hanya kedua tangannya yang terbuka hendak masuk ke dalam mal.

Melihat perempuan itu mendekat, pria yang diduga kuat adalah anggota Komisi Penegakan Kebajikan dan Pencegahan Maksiat yang bertugas untuk menegakkan hukum Syariah di Arab Saudi langsung mendekati dan memerintahkan perempuan itu pergi.

"Pergi, jangan berkata sepatah kata pun dan kenakan sarung tangan," kata pria tersebut sambil melarang perempuan itu memasuki pusat perbelanjaan.

Sementara itu, Fahd Al Amer, juru bicara kantor Komisi Penegakan Kebajikan dan Pencegahan Maksiat kota Hail, mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

Terdapat perbedaan terkait penyebab mengapa perempuan itu dilarang memasuki mal. Sejumlah media lokal menyebut petugas menghampiri perempuan itu setelah mendapat laporan dia duduk terlalu dekat dengan seorang pria penjaga toko.

Sejak diunggah ke dunia maya, video ini sudah ditonton ribuan kali. Video itu muncul hanya beberapa hari setelah pusat perbelanjaan Al Rashid di wilayah timur Saudi melarang pengunjung berambut tak rapi dan siapa pun yang membawa hewan peliharaan memasuki pusat perbelanjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com