Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Panas Terjang India, 430 Orang Tewas

Kompas.com - 25/05/2015, 16:07 WIB
HYDERABAD, KOMPAS.com - Lebih dari 430 orang tewas di dua negara bagian India akibat gelombang panas yang mengakibatkan suhu di dua daerah itu mencapai 50 derajat Celcius. Demikian dijelaskan pejabat setempat, Senin (25/5/2015).

Para pejabat memperkirakan jumlah korban akan terus bertambah, sementara informasi jumlah korban masih terus dikumpulkan dari beberapa wilah negar abgian Telangana yang paling parah terkena gelombang panas ini.

Sebagian besar wilayah India, termasuk ibu kota New Delhi, selama beberapa hari terakhir diserang gelombang panas yang dikhawatirkan akan memicu putusnya aliran listrik.

Suhu tertinggi terjadi di negara bagian Telangana dan Andhra Pradesh. Pemerintah negara bagian Andhra Pradesh mengimbau para buruh agar tidak bekerja terlalu lama dalam udara panas setelah pekan lalu 246 warga negara bagian itu meninggal dunia akibat gelombang panas.

"Sebagian besar korban tewas adalah mereka yang terekspos sinar matahari langsung dan rata-rata berusia di atas 50 tahun dan berasal dari kelas pekerja," kata P Tulsi Rani, komisioner departemen penanggulangan bencana Andhra Pradesh.

Rani menambahkan, meski korban tewas sudah dilaporkan  jatuh sejak Senin pekan lalu, namun jumlah korban memuncak di akhir pekan di saat udara panas mencapai puncaknya.

"Kami meminta warga untuk melakukan pencegahan dini dengan menggunakan payung, topi, minum banyak air dan susu serta menggunakan pakaian berbahan katun," tambah Rani.

Sejak pertengahan pekan lalu 188 orang tewas di Telangana meski jumlah ini masih harus dipastikan dan nampaknya masih akan bertambah. Demikian seorang pejabat departemen penanggulangan bencana Telangana, D Vani.

Sejumlah korban tewas juga dilaporkan jatuh di negara bagian Rajashtan dalam beberapa hari belakangan, termasuk seorang perempuan yang jatuh pingsan dan tewas di tepian jalan kota Bundi, seperti dikabarkan kantor berita UPI.

Di kota Kalkuta, serikat pengemudi taksi mengimbau para pengemudi untuk tak berada di jalanan antara pukul 11.00 hingga 16.00 karena panas yang terlalu menyengat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com