Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taipan China Bangun Kantor Berbentuk Pesawat "Star Trek"

Kompas.com - 25/05/2015, 10:54 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Jika seseorang memiliki banyak uang, kemungkinan besar dia bisa mewujudkan mimpi-mimpinya. Salah satunya adalah Liu Deijan, seorang taipan asal China.

Liu Dejian (43), direktur sebuah perusahaan penyedia jasa internet terpopuler di China, adalah seorang penggemar film sains fiksi Star Trek.

Liu telah mengantongi izin dari stasiun televisi CBS, yang memegang hak siar Star Trek, untuk membangun replika pesawat ruang angkasa Enterprise yang akan digunakan untuk kantor perusahaannya yang berpusat di provinsi Fujian, China.

Liu dikabarkan harus merogoh kocek hingga 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 2 triliun untuk membangun kantor dengan bentuk kapal ruang angkasa yang menjadi ikon film sains fiksi itu.

Kantor Liu ini membutuhkan waktu enam tahun pembangunan sejak peletakan batu pertama dilakukan pada 2008. Setelah selesai dibangun, kantor seluas tiga kali lapangan sepak bola itu memang benar-benar luar biasa.

Liu yang memiliki kekayaan total sebesar 390 juta poundsterling atau hampir Rp 8 triliun itu mulai menyukai Star Trek sejak mempelajari ilmu kimia di Universitas Kansas, AS. Dia sempat tinggal di AS selama satu dekade sebelum pulang kampung untuk mengembangkan kekaisaran perusahaan internet dan game komputernya.

Perusahaan milik Liu menjual jaringan telepon genggamnya 91 Wuxian kepada Baidu, semacam Google di China, dengan harga 1,2 juta poundsterling. Penjualan ini merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah internet di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com