Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Azhar Ajak Dunia Cegah ISIS Hancurkan Palmyra

Kompas.com - 25/05/2015, 10:36 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Organisasi pendidikan agama Islam ternama dunia, Al Azhar, Minggu (24/5/2015), menyerukan agar dunia bersatu dalam "perang kemanusiaan" untuk mencegah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang hendak menghancurkan kota kuno Palmyra di Suriah.

Pernyataan Al Azhar ini muncul sehari setelah direktur badan kepurbakalaan Suriah mengatakan, pasukan ISIS sudah memasuki museum Palmyra dan mengibarkan bendera hitam mereka di atas benteng kuno yang berlokasi di atas sebuah situs arkeologi.

"Melindungi situs-situs arkeologi dari penghancuran dan penjarahan adalah sebuah perang untuk kemanusiaan," demikian pernyataan resmi Al Azhar.

"Kita harus menyatukan upaya kita untuk melindungi salah satu kota kuno terpenting di Timur Tengah dari penghancuran ISIS," tambah Al Azhar.

Al Azhar menambahkan, komunitas internasional harus mengambil langkah untuk mencegah ISIS yang akan menghancurkan bukti kebudayaan dan arkeologi di kota Palmyra, seperti yang sudah dilakukan di Irak dan bagian Suriah lainnya.

ISIS menduduki Palmyra pada Kamis pekan lalu, dan langsung memicu kekhawatiran internasional terkait nasib kota berusia 2.000 tahun yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com