Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorila Betina di Kebun Binatang Australia Mati Diserang Gorila Jantan

Kompas.com - 25/05/2015, 05:46 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Gorila betina di Kebun Binatang Melbourne mati karena menderita komplikasi akibat luka-luka yang didapatnya setelah diserang oleh gorila jantan muda punggung perak di kandangnya.

Salah seorang staf di kebun binatang mengatakan, gorila jantan punggung perak bernama Otana, menunjukan sikap agresif yang tidak diduga terhadap gorila betina bernama Julia.

"Otana berusaha menegaskan dominasinya sebagai bagian normal dari perilaku mereka," demikian pernyataan Kebun Binatang Victoria. "Dalam hal ini, perilaku agresi Otana yang ditunjukan kepada Julia pada Jumat lalu sangat tidak terduga dan belum pernah terjadi sebelumnya."

Kebun Binatang Victoria menjelaskan, Julia sepanjang Jumat (22/5/2015) malam menjauh dari gorila lain di kelompoknya dan tidur di luar gua berpemanas.

"Pada Sabtu pagi ketika staf kebun binatang memeriksa Julia, gorila betina itu tampak tidak sehat dan tidak memberi respon sebagaimana biasanya, meskipun tidak ada bekas luka yang terlihat," demikian pernyataan kebun binatang.

Setelah melakukan konsultasi cepat dengan tim kesehatan, Julia diputuskan untuk dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Ketika tim kesehatan melakukan pemeriksaan, Julia ternyata diketahui menderita luka trauma yang signifikan dan gejala komplikasi akibat dari serangan yang dideritanya pada Jumat lalu.

"Tim kesehatan berusaha keras menstabilkan kondisi Julia hingga Minggu dini hari. Namun sayangnya gorila betina itu mati pada pukul 03.00 pagi," ujar pihak kebun binatang.

Otana sejak saat itu dipisahkan dari gorila lain di kelompoknya. Kebun Binatang Victoria mengatakan, penjaga membantu primata itu menjalani kejadian yang serta merta mengubah struktur sosial di dalam kelompok gorila di kebun binatang Victoria.

Julia, gorila betina berusia 33 tahun dari dataran rendah barat, didatangkan ke kebun binatang pada tanggal 10 Desember 1997 dari Kebun Binatang Jersey.

Sebelumnya Julia dikawinkan dengan gorila jantan punggung perak Motaba dan menghasilkan keturunan gorila perempuan Jumano, yang sekarang tinggal di Kebun Binatang Taronga.
Kebun Binatang Victoria mengatakan seluruh stafnya berduka atas kematian Julia.

"Seluruh staf  kami di kebun binatang Victoria berduka cita dan penjaga para primata telah ditawarkan konseling untuk membantu mereka melalui masa sulit ini," kata Kebun Binatang Victoria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com