Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi: Pelaku Pengeboman Masjid Syiah adalah Anggota ISIS

Kompas.com - 24/05/2015, 03:06 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi, Sabtu (23/5/2015), mengatakan telah berhasil mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri di sebuah masjid  Syiah yang menewaskan 21 orang. Pemerintah membenarkan pelaku memiliki keterkaitan dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Nama pelaku adalah Salih bin Abdulrahman Salih al-Ghishaami, warga Saudi. Dia menjadi buronan aparat keamanan karena menjadi anggota sel teroris yang menerima perintah dari ISIS di luar negeri," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dikutip kantor berita SPA.

Nama pelaku bom bunuh diri yang disampaikan pemerintah Arab Saudi ini berbeda dengan klaim ISIS. Kelompok militan itu dalam sebuah pernyataannya menyebut pelaku bernama Abu Ammar al-Najdi.

Sebelumnya, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Arab Saudi timur, Jumat (22/5/2015). Serangan ini menewaskan sekurangnya 21 orang dan mencederai puluhan lainnya.

Ledakan itu terjadi pada saat shalat Jumat di Masjid Imam Ali di Qatif, sebuah provinsi di Saudi bagian timur. Foto-foto yang di unggah di media sosial memperlihatkan para korban luka atau tewas dengan baju berlumuran darah dibawa keluar dari sebuah bangunan ke mobil-mobil ambulans yang diparkir di luar.

Kelompok militan ISIS menyebut pelaku serangan bunuh diri itu adalah Abu 'Ammar al-Najdi. Serangan-serangan semacam itu jarang terjadi di Arab Saudi, meskipun negara itu berbatasan dengan Irak dan Yaman yang didera konflik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com