Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bom Hancurkan Masjid Syiah di Arab Saudi

Kompas.com - 22/05/2015, 19:39 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah ledakan bom mengancurkan sebuah masjid Syiah di wilayah timur Arab Saudi, Jumat (22/5/2015). Seorang aktivis mengatakan ledakan itu merupakan sebuah aksi bom bunuh diri.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan sebuah ledakan keras terjadi di sebuah masjid di kota Kudeih, distrik Qatif di saat ibadah shalat Jumat berlangsung. Distrik Qatif adalah sebuah wilayah yang mayoritas penduduknya adalah umat Muslim Syiah.

Seorang aktivis setempat mengatakan setidaknya empat orang tewas dan sejumlah orang lainnya terluka. Sementara itu, sejumlah situs berita di Arab Saudi mengunggah sejumlah foto korban yang tergeletak berlumuran darah.

Rumah sakit Qatif menyerukan donasi darah setelah serangan ini dan memanggil semua stafnya yang sedang berlibur karena tingginya korban.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan investigasi terkait insiden itu sudah dilakukan dan rincian terkait ledakan ini akan disampaikan setelah informasi terkumpul.

Dalam beberapa bulan terakhir, kepolisian Saudi melakukan serangkaian penangkapan terhadap para anggota kelompok militan Sunni yang diduga merencanakan serangan  untuk memicu kekerasan sektarian di Provinsi Timur.

Sebagian besar penduduk minoritas Syiah Saudi tinggal di wilayah timur negeri itu. Sudah sejak lama warga Syiah Saudi mengeluhkan marjinalisasi dan diskriminasi terhadap mereka di kerajaan yang mayoritas penduduknya adalah umat Sunni.

Pada November tahun lalu, orang bersenjata menembak mati tujuh warga Syiah, termasuk anak-anak, di kota Al-Dalwa saat perayaan Ashura berlangsung.

Bulan lalu, kementerian dalam negeri mengatakan telah melumpuhkan 65 sel kelompok militan yang terkait Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berupaya memicu kekerasan sektarian di Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com