Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Retas Akun Facebook Remaja Australia untuk Cari Pengikut

Kompas.com - 22/05/2015, 17:45 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com — Seorang ibu asal Canberra, Australia, mengatakan bahwa akun Facebook putranya yang berusia 13 tahun menjadi sasaran kampanye ISIS untuk mencari pengikut baru. Kabar ini menjadi peringatan terhadap adanya usaha ISIS menjadikan anak-anak muda Australia lebih radikal.

Sebuah situs internet populer Canberra Mums mengunggah posting dari salah seorang anggota yang mengatakan bahwa akun putranya yang berusia 13 tahun telah menjadi sasaran ISIS.

"Hari ini, akun anak saya, berusia 13 tahun, entah sudah diretas atau dia secara tidak sengaja menerima pertemanan dari seseorang yang mencari anggota untuk ISIS," tulis perempuan tersebut di situs ini.

"Kami memantau akun anak-anak dengan ketat dan segera bisa mengetahui adanya hal tersebut. Anak kami tidak mengetahui siapa teman baru tersebut. Kami sudah menghubungi polisi. Namun, pemilik halaman Facebook ini jelas bermaksud menarik anggota untuk maju ke medan perang," lanjut dia.

"Saya hanya ingin agar para orangtua awas dengan hal ini. Menakutkan. Coba periksa akun Facebook anak Anda, dan berhati-hatilah untuk anak-anak Anda," tambah dia.

Pengelola situs Canberra Mums mengatakan, sang ibu adalah seorang pegawai negeri yang secara teratur memberikan kontribusi ke situs, dan mereka mengatakan tidak ada alasan untuk mencurigai bahwa pernyataan itu tidak benar.

Polisi Canberra dan polisi federal Australia menolak mendiskusikan masalah tersebut dengan ABC.

Polisi federal Australia mendesak orangtua untuk menghubungi nomor telepon pelaporan nasional bila mereka mengkhawatirkan bahwa akun sosial media atau e-mail anak-anak mereka sudah menjadi sasaran kelompok esktremis.

Seorang ibu di Canberra mengatakan bahwa akun Facebook putranya yang berusia 13 tahun menjadi sasaran kampanye ISIS untuk mencari pengikut baru, sehingga menimbulkan peringatan adanya usaha menjadikan anak-anak muda Australia lebih radikal.

- See more at: http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-05-22/facebook-remaja-di-canberra-jadi-sasaran-kampanye-isis/1450470#sthash.RNDbMrDC.dpuf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com