Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Buah Melon Terjual Rp 163 Juta dalam Lelang di Jepang

Kompas.com - 22/05/2015, 16:21 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Sepasang buah melon terjual dengan harga mencengangkan dalam sebuah lelang di Tokyo, Jepang, Jumat (22/5/2015). Kedua melon itu laku dengan harga 12.400 dolar AS atau sekitar Rp 163 juta.

Buah melon Yubari pertama yang dilelang tahun ini di Pasar Grosir Sapporo Tengah di Hokkaido itu dibeli oleh seorang pedagang buah setempat.

Harga melon itu masih lebih rendah dibanding buah melon yang dilelang tahun lalu yang mencapai harga 2,5 juta yen atau Rp 272 juta. Harga melon ini, di Jepang, setara dengan sebuah mobil baru.

Penjualan buah dengan harga mahal adalah hal biasa dalam pembukaan musim lelang baru dan merefleksikan prestise sang pembeli.

Melon Yubari oleh masyarakat Jepang selalu dianggap sebagai simbol sebuah status, semacam anggur mahal di Eropa. Banyak warga Jepang membeli melon ini sebagai hadiah bagi kawan dan kolega.

Melon Yubari dengan kualitas terbaik biasanya berbentuk bulat sempurna dengan kulit buah yang sangat mulus. Sebatang tangkai berbentuk huruf T biasanya disisakan pada buah yang umumnya dijual dalam sebuah kotak berhiaskan bunga.

Melon bukanlah satu-satunya buah yang dihargai dengan harga mahal di Jepang. Harga sebutir apel di sebuah pasar swalayan bisa mencapai 3 dolar AS atau lebih dari Rp 36.000 dan satu kotak berisi 20 buah ceri biasanya mencapai lebih dari 100 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com