Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Mumbai: Kondisi Jalan yang Baik adalah Hak Dasar Warga Negara

Kompas.com - 21/05/2015, 23:07 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Pengadilan tinggi Mumbai, India, Kamis (21/5/2015) membuat putusan yang menyatakan bahwa hak mendapatkan jalan raya dalam kondisi yang baik merupakan bagian dari hak dasar warga negara.

Pengadilan menyatakan bahwa hak ini bagian dari "hak untuk hidup" yang dijamin undang-undang dasar di India.

Putusan ini dikeluarkan dalam persidangan yang diselenggarakan tanpa tuntutan hukum dari pihak mana pun (suo moto) demi kepentingan publik.

Dalam catatannya, hakim menyatakan bahwa banyak jalan dengan kondisi sangat buruk dan berlubang ditemukan di negara bagian Maharashtra. Kondisi jalan yang buruk telah menjadi penyebab banyak kecelakaan yang tak jarang mengakibatkan kematian.

Dengan pengakuan ini, maka warga negara yang menjadi korban kecelakaan akibat buruknya kondisi jalan memiliki kesempatan untuk mengajukan tuntutan hukum dan meminta kompensasi kepada pemerintah setempat.

Majelis hakim juga memutuskan untuk memerintahkan kepada pihak otorita pengelola jalan dan transportasi di negara bagian Maharshtra untuk memperbaiki kondisi jalan yang sudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com