Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Formulir Pendaftaran untuk Calon Anggota Al Qaeda

Kompas.com - 21/05/2015, 22:54 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Ternyata, untuk menjadi anggota kelompok Al Qaeda, seseorang harus mengisi formulir berisi berbagai pertanyaan layaknya seseorang melamar sebuah pekerjaan.

Formulir yang harus diisi calon anggota baru ini terdapat dalam dokumen-dokumen yang diperoleh dari tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, empat tahun lalu.

Formulir rekrutmen ini terdapat di antara ratusan dokumen milik Osama bin Laden yang dibuka untuk publik oleh Pemerintah AS pada Rabu (20/5/2015).

Dalam formulir itu, sang calon anggota baru ditanya berbagai hal, mulai dari pengalaman kerja, kemampuan berbahasa asing, hingga nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

"Silakan masukkan semua informasi yang diminta dengan akurat dan jujur. Tulislah dengan jelas dan benar. Nama, usia, status pernikahan," demikian beberapa kalimat pertama formulir itu, yang sudah diterjemahkan oleh CIA.

Di bagian lain formulir, muncul pertanyaan yang lebih mencengangkan. "Apakah Anda bersedia melakuan sebuah operasi bunuh diri?"

Dalam formulir itu, Al Qaeda meminta informasi lengkap mengenai keluarga dari sang calon. Nama ayah dan kakek, pekerjaan ayah, jumlah anggota keluarga, lengkap dengan nama panggilan. Semua itu harus diisi.

Tak hanya itu, Al Qaeda juga menginginkan informasi tentang masa lalu sang calon; catatan kriminalnya, jika ada; dan apakah sang calon pernah bekerja untuk organisasi lain. Formulir untuk calon anggota baru Al Qaeda itu terdapat di antara 103 dokumen milik Bin Laden yang dibuka untuk publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com