Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Gagalkan Serangan ISIS di Pinggiran Ramadi

Kompas.com - 21/05/2015, 18:46 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Irak, Kamis (21/5/2015) mengatakan mereka berhasil menghalau upaya ketiga Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk menembus garis pertahanan yang mereka buat di sisi timur kota Ramadi.

Polisi dan pejuang Sunni pro-pemerintah bertukar tembakan mortir sementara para penembak jitu juga terlibat dalam pertempuran di front Husaiba al-Sharqiya, yang berada di pertengahan jalan antara Ramadi dan basis militer tempat serangan balik untuk merebut Ramadi disiapkan.

"ISIS berusaha keras menembus garis pertahanan kami namun hal itu tak mungkin terjadi saat ini," kata seorang perwira polisi Irak, Mayor Khalid al-Fahdawi.

"Kami sudah pulih dari keterkejutan dan bala bantuan sudah tiba di garis depan. Mereka sepanjang malam mencoba menembus pertahanan kamim namun gagal. Helikopter angkatan darat sudah menanti mereka," tambah Al-Fahdawi.

Habbaniya adalah satu dari beberapa kantung tersisa yang masih dikuasai pasukan pemerintah Irak di provinsi Anbar. Habbaniya terletak antara kota Ramadi dan Falluja yang sudah dikuasai ISIS selama lebih dari setahun.

Pejabat setempat mengatakan ISIS mencoba menggabungkan kedua kota itu dan menggilas sisa posisi pasukan pemerintah yang membentang sepanjang lembah Sungai Efrat hingga perbatasan dengan Jordania dan Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com