Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim 1.000 Rudal Anti-tank untuk Hadapi ISIS di Irak

Kompas.com - 21/05/2015, 06:49 WIB

KOMPAS.com — Militer Amerika Serikat menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan 1.000 rudal anti-tank untuk Pemerintah Irak setelah jatuhnya kota Ramadi ke tangan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seorang juru bicara militer AS mengatakan, rudal itu untuk membantu menghadapi kendaraan peluncur bahan peledak yang diimprovisasi, yang digunakan dalam perang di Ramadi, di sebelah barat ibu kota Baghdad.

Ditambahkan bahwa AS juga akan memberikan perlindungan dari udara kepada milisi Syiah yang berupaya merebut kembali Ramadi, dengan syarat milisi itu berada di bawah komando Pemerintah Irak.

Washington kini sedang mempertimbangkan pula untuk mempercepat pelatihan dan pemberian peralatan kepada pasukan-pasukan masyarakat kesukuan untuk melawan militan Islam.

Sementara itu, ribuan warga Irak yang mengungsi dari Ramadi akhirnya diizinkan masuk ke Baghdad setelah menunggu selama beberapa hari.

Pihak berwenang sempat melarang para pengungsi ini menyeberang ke Baghdad karena kekhawatiran akan dimanfaatkan para jihadis ISIS sebagai tameng untuk memasuki ibu kota.

Lebih dari 40.000 orang mengungsi di Provinsi Anbar setelah jatuhnya ibu kota provinsi, Ramadi, ke tangan ISIS, yang oleh beberapa pihak dilihat lebih sebagai kegagalan angkatan bersenjata Irak karena banyak tentara yang mengabaikan tugas mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com