Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama bin Laden Hobi Membaca Buku Teori Konspirasi hingga Ekonomi Perancis

Kompas.com - 20/05/2015, 22:46 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Osama bin Laden ternyata bukan sekadar pemimpin kelompok militan Al Qaeda. Pria yang akhirnya tewas dalam serbuan pasukan elite AS di Pakistan pada 2011 ini adalah seorang yang sangat gemar membaca buku.

Buku-buku bacaan koleksi Osama Bin Laden sangat beragam, mulai dari berbagai buku tentang teori konspirasi hingga buku-buku ekonomi Perancis. Oleh karena itu, ada dugaan yang muncul bahwa Bin Laden pernah berencana menyerang ekonomi Perancis.

Buka bacaan Bin Laden lainnya termasuk buku-buku karya jurnalis AS, Bob Woodward, dan ahli bahasa sekaligus tokoh kiri, Noam Chomsky. Dia juga membaca sebuah manuskrip yang tak pernah diterbitkan, berjudul "Apakah Perancis Penyebab Depresi Besar?"

Jajaran buku koleksi Bin Laden ini diungkap untuk kali pertama oleh intelijen AS pada Rabu (20/5/2015). Buku-buku yang sebagian besar berbahasa Inggris itu ditemukan di tempat persembunyian Bin Laden di Abottabad, Pakistan.

Jeffrey Anchukaitis, juru bicara direktur kantor intelijen nasional AS, mengatakan, Bin Laden tampaknya berniat untuk menyerang ekonomi Perancis. Dia berharap, jika ekonomi Perancis tumbang, maka hal itu akan merambat ke AS dan seluruh negara Barat.

Para analis intelijen AS tak terkejut mengetahui Bin Laden berniat menyerang perekonomian Barat. Namun, menurut Anchukaitis, cukup mengejutkan ketika Bin Laden mengoleksi begitu banyak buku tentang Perancis.

"Akan tetapi, itu tak berarti Bin Laden berniat untuk menjalankan niatnya. Dia hanya meminta para pembantunya untuk memberinya informasi soal Perancis," kata Anchukaitis.

Dari daftar yang diunggah ke situs resmi Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI), buku-buku tersebut termasuk sejumlah buku tentang layanan kesehatan militer, industri pertahanan, dan profil air di Perancis.

Sekitar separuh dari buku-buku itu menjabarkan berbagai bentuk konspirasi, termasuk buku-buku yang mempertanyakan pendapat resmi yang menyebut bahwa Bin Laden mendalangi serangan maut di New York dan Washington DC pada 2001.

Rilis daftar buku koleksi Bin Laden ini bersamaan dengan deklasifikasi lebih dari 100 dokumen yang ditemukan di tempat persembunyian Bin Laden, sesuai perintah Kongres yang meminta intelijen AS merilis lebih banyak materi yang disita dalam penyerbuan di Abottabad itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com