Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kompensasi Penggusuran, Rumah Pria China Dikepung Jalan

Kompas.com - 20/05/2015, 19:08 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pria China, yang menolak kediamannya digusur untuk pembangunan jalan tol, harus rela ketika rumahnya kini terkepung jalan raya.

Fai Fu (62) menolak tawaran kompensasi dari pemerintah provinsi Henan untuk menggusur rumahnya, yang merupakan bangunan terakhir di kawasan yang akan dibangun jalan tol.

Alasan Fai Fu menolak kediamannya yang merupakan bangunan tiga lantai itu dirobohkan cukup masuk akal. Dia bersikeras bahwa kompensasi yang ditawarkan pemerintah tak cukup memadai baginya untuk pindah dan memulai kehidupan baru.

Meski bangunan itu belum dapat disingkirkan, pemerintah provinsi Henan tetap membangun jalan di tempat itu. Alhasil, kini kediaman Fai Fu dikelilingi jalan raya, sejak pembangunan jalan ini dimulai dua tahun lalu.

Jalan raya ini dibangun pemerintah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan pinggiran kota dan seharusnya sudah dioperasikan pada musim panas tahun ini.

Setidaknya dua ruas jalan itu belum tersambung karena terhalang kediaman Fai Fu. Di depan kediaman pria itu sudah siap sebuah buldozer yang akan menghancurkan bangunan tersebut jika suatu hari kesepakatan bisa dicapai.

Di atap rumah Fai Fu mengibarkan bendera China untuk mengingatkan pengembang agar mereka merundingkan kompensasi dengannya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Sesuai undang-undang properti China, pengembang dan pemerintah tak bisa memaksakan penggusuran sebuah bangunan hingga pemilik bangunan benar-benar puas dengan kompensasi yang ditawarkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yahoo news
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com