Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekali Jadi Pembicara, Hillary Clinton Dibayar Rp 4 Miliar

Kompas.com - 19/05/2015, 21:10 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Meski Bill Clinton tak lagi menjabat sebagai presiden untuk AS dan istrinya, Hillary, juga untuk sementara "pensiun" dari pemerintahan; kondisi itu tak membuat kondisi keuangan kedua orang ini bermasalah.

Dalam satu tahun terakhir, pasangan Bill dan Hillary Clinton meraup setidaknya 25 juta dollar AS atau sekitar Rp 328,5 miliar dengan menjadi pembicara pada berbagai ajang di Amerika Serikat.

Tim kampanye presiden untuk Hillary Clinton mengatakan, dia dan suaminya sepanjang Januari 2014 hingga Mei 2015 tercatat sudah 104 kali menjadi pembicara.

Salah satu ajang terakhir Hillary sebagai pembicara adalah saat dia berpidato dalam sebuah pertemuan eBay. Pada acara itu, Hillary berbicara soal perempuan di tempat kerja. Hanya dengan 20 menit berbicara, Hillary mendapatkan honor 315.000 dollar AS atau sekitar Rp 4 miliar.

Selain itu, Hillary juga mendapatkan lebih dari 5 juta dollar AS dari buku memoarnya, Hard Choices, yang terbit tahun lalu. Demikian laporan tim kampanye Hillary kepada Komisi Pemilihan Umum Federal AS.

Tak hanya menerima penghasilan besar, pasangan Clinton juga taat membayar pajak. Keduanya membayar pajak dengan rata-rata di atas 30 persen pada tahun pajak 2014.

Catatan penghasilan Hillary dari kegiatannya sebagai pembicara ini baru tercatat setelah dia tidak menjadi menteri luar negeri. Dari seluruh penghasilan pasangan Clinton, sekitar 11,7 juta dollar AS dihasilkan Hillary saat menjadi pembicara dalam 51 acara.

Kegiatan pasangan Clinton ini tak hanya menguntungkan dari sisi finansial, tetapi juga memperkuat jaringan pendukung yang akan sangat bermanfaat untuk menyokong kampanye sosial dan politik keduanya.

Terakhir, pasangan Clinton melaporkan kekayaan mereka pada tahun terakhir saat Hillary menjabat sebagai menteri luar negeri, yakni pada tahun 2012. Saat itu, pasangan Clinton melaporkan bahwa kekayaan mereka antara 4 juta dollar AS dan 20 juta dollar AS.

Kondisi ini amat kontras dengan situasi keuangan Presiden Barack Obama dan istrinya, Michelle. Dalam laporan kekayaan, keluarga Obama hanya memiliki tabungan sebesar 1.001 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta.

Namun, bukan berarti Presiden Obama bangkrut. Sejauh ini, Obama memiliki aset dengan total nilai antara 1,9 juta dollar AS dan 6,9 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com