Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabungan Presiden Barack Obama Hanya 1.000 Dollar AS

Kompas.com - 19/05/2015, 12:04 WIB


KOMPAS.com — Laporan keuangan pejabat publik di Amerika Serikat menunjukkan tabungan Presiden Barack Obama hanya 1.000 dollar AS. Tabungan tersebut disimpan di akun JP Morgan.

Sementara itu, Hillary Clinton dan suaminya Bill Clinton mendapatkan honor lebih dari 25 juta dollar AS dari berbagai seminar dan diskusi tahun lalu.

Menurut mingguan Inggris, The Independent on Sunday, Hillary Clinton memasang tarif 250.000 dollar AS untuk menjadi pembicara sejak ia tak menjabat sebagai menteri luar negeri AS.

Para politikus Partai Republik menggunakan laporan ini untuk menyerang Hillary—yang sudah menyatakan akan terjun sebagai bakal calon presiden dari Partai Demokrat—dengan mengatakan bahwa Hillary tak bisa dikatakan sebagai wakil dari suara kelas menengah.

Selain mendapatkan honor dari seminar, Hillary Clinton juga menerima royalti 5 juta dollar AS dari penerbitan memoar Hard Choices, yang antara lain menyebutkan bahwa ia dan keluarganya praktis bangkrut setelah suaminya tak lagi menjabat sebagai presiden pada 2001.

Untuk Obama, meski secara resmi tabungannya hanya 1.000 dollar AS, total asetnya diperkirakan antara 2 juta dollar AS hingga 7 juta dollar AS.

Sebagian besar berupa obligasi jangka pendek yang dijamin oleh pemerintah, yang biasa disebut sebagai Treasury Bills.

Selain itu, Obama dan Michelle mempunyai dana 400.000 dollar AS yang dialokasikan untuk biaya kuliah dua anak perempuan mereka. Sementara itu, nilai dana pensiun Obama sekitar 350.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com