Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Rohingya Perlu Bantuan Kemanusiaan

Kompas.com - 18/05/2015, 20:04 WIB


KOMPAS.com - Hingga kini, masih terdapat ratusan pengungsi Rohingya asal Myanmar dan Banglades bertahan di wilayah Provinsi Aceh. Catatan terkini sebagaimana warta laman PKPU.org pada Senin (18/5/2015) menunjukkan di Aceh Utara tercatat 581 orang pengungsi. Dari jumlah itu, ada 46 ibu hamil, 462 orang laki-laki, serta 43 orang balita dan remaja.

Lembaga itu juga mencatat di wiayah Langsa, ada 790 pengungsi Rohingya. Dari jumlah itu, 660 orang laki-laki, 70 orang perempuan, dan 60 orang anak-anak.

Sejauh ini, sebagaimana disampaikan Sukismo dari PKPU, para pengungsi mengalami kekurangan makanan. Ada juga pengungsi yang sakit.

Dalam waktu dekat, PKPU berencana mendistribusikan perlengkapan kebersihan dan kesehatan, pembuatan dapur dan prasarana air bersih, pendistribusian sarung dan selimut. "Kami masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk bantuan darurat," kata Sukismo.

Hingga berita ini diunggah, belum ada catatan realisasi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi. Beberapa tempat yang menjadi lokasi penampungan sementara para pengungsi itu antara lain Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lhoksukon dan pelabuhan Kuala Langsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com