Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Blues, BB King Meninggal karena Diabetes

Kompas.com - 15/05/2015, 23:56 WIB

KOMPAS.com -Legenda musik blues, BB King meninggal dunia. King adalah gitaris yang membawa musik blues dari daerah pinggiran kota hingga menjadi salah satu musik mainstream di dunia saat ini.

BB King meninggal di Las Vegas pada usia 89 tahun. Selain lihai memainkan gitar, King juga dikenal sebagai penyanyi dengan karakter suara yang berat dan mendalam.

BB King pernah diabadikan dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1986. Disebutkan, King meninggal karena penyakit diabetes.

"Blues telah kehilangan rajanya, dan Amerika telah kehilangan salah satu legenda musiknya," kata Presiden AS Barack Obama sembari menyatakan ia pernah menyanyikan sepenggal lagu bersama BB King yang berjudul "Sweet Home Chicago".

"BB mungkin telah pergi, tapi kenangan dia akan selalu bersama kita selamanya. Dengan begitu, di surga saat ini akan ada panggung musik blues," kata Obama lagi.

Kematian King dikonfirmasi pada Kamis pagi dalam akun Facebook yang terhubung dengan situs milik anaknya, Claudette.

BB King lahir dengan nama Riley B King di Mississipi pada 16 September 1925, ia kemudian besar pasca-Perang Dunia ke-2.  Ia menciptakan banyak lagu dari kehidupannya selama itu.

"Menjadi seorang penyanyi blues seperti menjadi orang kulit hitam untuk kedua kalinya," tulis King dalam biografinya.

King juga pernah mengatakan, perang sipil sama seperti warga kulit hitam yang memperjuangkan kehormatannya. Ia pun semakin menguasai musik blues.

King akan selamanya akan dikaitkan dengan gitar Gibson yang disebut sebagai Lucille. Nama itu itu ia ambil dari seorang wanita yang diperebutkan oleh dua laki-laki di Arkansas pada 1949 saat dirinya sedang manggung.

Pada 2003, majalah Rolling Stone memuat 100 gitaris terbaik sepanjang masa, dan BB King berada di urutan ke-3 setelah Jimi Hendrix dan Duane Allman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com