Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Gelar Latihan Perang di Dekat Perbatasan Laut dengan Korsel

Kompas.com - 13/05/2015, 18:44 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara memberitahukan kepada Korea Selatan terkait rencana untuk menggelar latihan perang di perbatasan laut yang disengketakan kedua negara. Demikian militer Korea Selatan mengabarkan, Rabu (13/5/2015).

Militer Korea Utara akan menggelar latihan menembak antara Rabu pukul 15.00 waktu setempat atau 13.00 WIB dan Jumat tengah malam di wilayah perairannya. Demikian Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Rencana Korea Utara itu memicu kewaspadaan pasukan Korea Selatan yang berada di sepanjang perbatasan di Laut Kuning itu. Kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

"Dalam latihan itu, dua artileri pantai Korea Utara akan mengincar dua wilayah dekat pulau milik Korea Selatan yang paling dekat dengan perbatasan laut itu," kata sang juru bicara.

"Kami menanggapi latihan semacam itu sebagai sebuah sikap mengancam dan memanaskan suasana di kawasan yang sensitif itu," tambah dia sambil menambahkan Korea Selatan akan bertindak tegas jika peluru Korea Selatan jatuh di sebelah selatan perbatasan.

Ketegangan di perbatasan kedua Korea itu terus meningkat terutama setelah media Korea Utara pada Sabtu (9/5/2015) mengabarkan bahwa uji coba misil balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM)berlangsung sukses.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang menyaksikan uji coba itu menyebutnya sebagai sebuah "Senjata strategis berkelas dunia".

Uji coba ini membuat Seoul waspada karena dengan kemampuan teknologi SLBM maka akan membuat ancaman nuklir Korea Utara ke tahap lebih tinggi. Dengan kemampuan ini maka Korea Utara bisa meluncurkan misilnya jauh dari Semenanjung Korea.

Pada hari yang sama, usai sukses melakukan uji coba SLBM, militer Korea Utara juga menembakkan tiga misil anti-kapal dalam latihan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com