Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Picasso Terjual Rp 2,3 Triliun dalam Lelang di New York

Kompas.com - 12/05/2015, 18:50 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah lukisan karya pelukis surealis Pablo Picasso terjual 115 juta poundsterling atau sekitar Rp 2,3 triliun dalam sebuah lelang yang digelar di New York, AS.

Penjualan di balai lelang Christie's itu diwarnai 11 menit "kekacauan" setelah para calon pembeli saling melontarkan tawaran untuk membawa pulang lukisan berjudul "Para Perempuan dari Aljazair" itu. Sebelum dilelang, lukisan ini telah menjalani tur dunia di Hongkong, London, dan berakhir di New York.

Lukisan tersebut menampilkan perempuan dalam kondisi telanjang dan setengah telanjang yang merupakan bagian dari 15 rangkaian lukisan yang diciptakan Picasso antara 1954-1955.

Pengelola Christie's mengatakan, lukisan Picasso ini menjadi yang termahal dari semua karya seni yang pernah terjual di balai lelang itu.

Namun, harga lukisan Picasso itu masih belum mampu mengalahkan harga lukisan "When Will You Marry Me" karya Paul Gauguin yang dibeli secara pribadi oleh pembeli asal Qatar dengan harga hampir Rp 4 triliun pada Februari lalu.

Christie's menambahkan, 10 penawar tertinggi untuk lukisan Picasso itu berasal dari Asia, Teluk, Rusia, Eropa, dan AS. Secara total, para penawar berasal dari 35 negara di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com